Jumat, 09 November 2012

Senam Lantai Roll Depan (Guling Depan)

Olah raga Senam Lantai khususnya pada roll depan mungkin sangat mudah dilakukan dan juga mengasyikan bagi sebagian orang, namun dibalik itu semua apabila dilakukan tanpa teknik gerakan yang benar maka akan membahayakan keselamatan kita maupun orang disekitar kita. Oleh karena hal tersebut, pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi informasi mengenai teknik atau cara melakukan gerakan roll depan dengan benar yang tidak membahayakan keselamatan seseorang.
Sebelum melakukan gerakan inti rol depan alangkah lebih baiknya atau diajurkan untuk melakukan gerakan pemanasan dan pelemasan terlebih dahulu, ini ditujukan untuk mengantisipasi terjadinya cidera pada tubuh kita. Tidak hanya pada senam lantai saja yang dianjurkan untuk melakukan gerakan pemanasan sebelum kegiatan inti tapi semua cabang olah raga juga wajib melakukan  gerakan pemanasan sebelum mengarah atau melakukan kegiatan inti. Pada dasarnya pemanasan dan pelemasan dilakukan secara sistematis dan menjurus atau mengarah kepada gerkan/kegiatan inti. Gerakan penamasan itu sendiri dapat dilakukan dengan bermain ataupun dengan cara streaching dan untuk senam lantai memang dianjurkan dengan cara streacing. Ada beberapa keuntungan ketika kita melakukan gerakan pemanasan sebelum berolahraga, diantaranya yaitu siapnya otot ketika sudah melakukan gerakan/kegiatan inti, otot tidak kaku, detak jantung stabil, meningkatkan suhu tubuh, mencegah resiko cidera , kita lebih percaya diri dan siap melakukan gerakan, dan lain-lain.

  • Berikut merupakan beberapa contoh gerakan pemanasan ( streacing ) untuk Roll Depan :
  1. Berdiri tegak kedua tangan di taruh di bawah dahi kemudian tarik keatas sampai kepala menghadap keatas.
  2. Kepala menunduk dengan kedua tangan di taruh diatas kepala kemudian di tekan kebawah.
  3. Kepala menoleh kesamping kiri kemudian telapak tangan kanan menekan dagu dan sebaliknya.
  4. Mematahkan leher ke arah kanan / kiri dan tangan kiri di atas kepala menarik dengan telapak tengan secara berlahan.
  5. Lengan kanan menyelinap ke tangan kiri / menyelinap di depan dada, kemudian tangan kiri menekan lengan kanan yang lurus di depan dada sampai otot bahu terasa tertarik.
  6. Lengan kanan di tekuk di belakang kepala kemudian tangan kiri menyentuh siku dan di tarik hingga otot bahu terasa  tertarik dan sebaliknya.
  7. Salah satu kaki di angkat ke atas dan ditekuk sambil ditahan dengan kedua tangan, dilakukan secara bergantian kanan kiri.
  8. Kaki di tekuk kebelakang dengan di tahan tangan, dilakukan secara bergantian kanan kiri.
  9. Kaki diagkat lurus kedepan dengan ditahan tangan, dilakukan secara bergantian kanan kiri.
  10. Posisi kuda – kuda kedua tangan memeggang kedua lutut sambil menekan, selanjutnya badan serong kanan dan kiri.

  • Uraian teknik roll depan;
Perkenaan Badan : tangan → tengkuk → punggung → pinggul → kaki


1.      Sikap awal dengan berdiri tegak, kaki rapat, dan pandangan ke depan ke arah matras. Kemudian mengangkat salah satu tangan yang menandakan kalau pemain siap melakukan gerakan.

2.      Gerakan kedua yaitu pemain menempelkan kedua tengannya ke matras dengan posisi badan membungkuk dan pandangan ke arah bawah belakang. Kemudian secara perlahan badan diturunkan.

3.      Gerakan selanjutnya adalah gerakan sebelum mengguling yaitu dengan menempelkan tengkuk ke matras dengan bantuan kedua tangan menahan dan mengatur keseimbangan disamping badan, setelah itu dorong dan rebahkan badan ke arah depan.
4.      Gerakan selanjutnya yaitu gerakan saat mengguling dimana pada gerakan ini kaki ditekuk dan disarankan agar tubuh tetap rileks serta pandangan mata jauh ke depan.

5.      Gerakan terakhir yaitu saat berdiri dimana pada gerakan ini kedua kaki diluruskan, kemudian kedua tangan diangkat lurus ke atas (menandakan sudah berhasil) dan pandangan tetap lurus ke depan. Pada akhir gerakan pemain kembali ke sikap awal.
Untuk lebih jelasnya, langsung saja lihat video berikut ini :

gerakan roll depan
Catatan : setelah mempraktikkan roll janganlah langsung duduk diam dan kaki di tekuk, akan tetapi alangkah lebih baiknya digunakan untuk jalan – jalan biasa agar detak jantung kembali normal terlebih dahulu kemudian setelah itu barulah istirahat...

Demikian,, semoga bermanfaat....

3 komentar:

  1. Salam kenal sis....Artikelnya bagus sekali.. Kalau boleh tau nih.. Ada ga batasan waktu yang efektif untuk melakukan senam ini?? oh iya tempat menjual baju senam body image dimana ya? terimakasih atas infonya. :)

    BalasHapus
  2. terima kasih kak :)
    ini sangatt membantu tugas saya :)

    BalasHapus
  3. salm kenal
    Trims.. Artikelnya sangat membantu sekali..
    dan waktu untuk melakukan senam ini sebaiknya di pagi hari atau di sore hari.. dan apakah ada Tren baju senam terbaru untuk senam lantai?
    mohon pencerahnnya...

    BalasHapus