Sabtu, 10 November 2012

Pentingnya Menjaga Kebersihan Tubuh


Tidak hanya orang dewasa yang harus menjaga kebersihan. Anak-anak pun sedari kecil juga harus dibiasakan untuk menjaga kebersihan. Namun, melatih anak untuk menjaga kebersihan terutama tubuhnya sendiri ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan.
Sejak kecil bahkan balita, anak harus dilatih untuk menjaga kebersihan tubuhnya, mulai dari kebersihan kaki, tangan, gigi, hidung, telinga, rambut, sampai kuku-kukunya. Memang, dibutuhkan kesabaran orang tua untuk melatihnya. Kalau tidak dilatih, anak akan manja, tak jarang sampai besar tetap melibatkan orang tua untuk mandi dan membersihkan tubuhnya. Tentu ingin anak mandiri bukan?

Melatih Anak Menjaga Kebersihan Tubuh

Tubuh yang bersih tentu membuat anak terlihat rapi, sehat, dan jauh dari penyakit. Oleh karena itu, ada baiknya Anda melatih anak menjaga kebersihan tubuhnya dengan cara-cara sederhana, misalnya sebagai berikut:
  1. Latih anak untuk selalu mandi 2 kali sehari, dan kenalkan macam-macam alat mandi, supaya dia bisa menggunakan sendiri, mulai dari sabun, sampo, sikat gigi, gayung, dan lain-lain.
  2. Biasakan anak mencuci tangan dan kaki setelah bermain di luar rumah.
  3. Wajibkan anak untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.
  4. Beri penjelasan kepada anak untuk rajin menggosok gigi, dan latih menggunakan gosok gigi sendiri.
  5. Jadwalkan anak Anda untuk memotong kuku dan membersihkan telinga dua kali seminggu.
  6. Ingatkan dan latih untuk keramas dan membersihkan rambutnya 3 kali dalam seminggu.
Hal-hal sederhana di atas dapat Anda lakukan untuk melatih kedisiplinan anak atau balita Anda dalam menjaga kebersihan tubuhnya. Saat usianya masih kecil, tentu Anda harus selalu mendampingi mereka dalam membersihkan tubuhnya. Namun, yakinlah lama-kelamaan anak akan terbiasa dan cinta kebersihan tubuhnya.

Kalau sudah begitu, anak pun akan selalu rapi, sehat, dan bersih. Anda tak perlu mengejar-ngejar dan memaksanya mandi, atau gosok gigi. Tanpa Anda suruh, anak yang terbiasa dilatih menjaga kebersihan tubuhnya tentu tidak betah jika tubuhnya kotor. Orang tua mana sih yang tidak ingin anaknya sehat dan bersih karena rajin menjaga kebersihan tubuhnya sendiri?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar