KATA
PENGANTAR
Kurikulum
merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan
pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman kegiatan pembelajaran untuk
mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum yang berlaku di sekolah dasar
perlu disempurnakan secara terus-menerus sejalan dengan dinamika perkembangan
masyarakat, kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya.
Penyempurnaan kurikulum
ini mengacu pada Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional
Pendidikan serta Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006
tentang Standar Isi dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 tahun
2006 tentang standar kompetensi lulusan.
Dengan terbitnya Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk
Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar
Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Nomor 24
Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22
dan 23 Tahun 2006 serta perubahannya yaitu Nomor 6 Tahun 2007 diharapkan dapat
digunakan sebagai acuan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran di
sekolah dasar.
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TINGKAT SD/MI
DIKUTIP DARI:
LAMPIRAN PERATURAN MENDIKNAS
NOMOR 22 TAHUN 2006
TANGGAL 23 MEI 2006
TINGKAT SD/MI
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN
A.
Latar
Belakang
Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara
keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani,
keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial,
penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan
pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan
terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan
pendidikan nasional.
Pendidikan
sebagai suatu proses pembinaan manusia yang berlangsung seumur hidup,
pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki
peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas
jasmani, olahraga dan kesehatan yang
terpilih yang dilakukan secara sistematis.
Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina pertumbuhan
fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup
sehat dan bugar sepanjang hayat.
Pendidikan memiliki sasaran pedagogis, oleh karena itu pendidikan kurang
lengkap tanpa adanya pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, karena gerak
sebagai aktivitas jasmani adalah dasar bagi manusia untuk mengenal dunia dan
dirinya sendiri yang secara alami berkembang searah dengan perkembangan zaman.
Selama
ini telah terjadi kecenderungan dalam memberikan makna mutu pendidikan yang
hanya dikaitkan dengan aspek kemampuan kognitif. Pandangan ini telah membawa
akibat terabaikannya aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti, seni, psikomotor,
serta life skill. Dengan diterbitkannya Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
tentang Standar Nasional Pendidikan akan memberikan peluang untuk
menyempurnakan kurikulum yang komprehensif dalam rangka mencapai tujuan
pendidikan nasional.
Pendidikan
jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan media untuk mendorong pertumbuhan
fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran,
penghayatan nilai-nilai (sikap-mental-emosional-sportivitas-spiritual-sosial),
serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan
dan perkembangan kualitas fisik dan psikis
yang seimbang.
B. Tujuan
Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki
kemampuan sebagai berikut:
1. Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya
pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui
berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih;
2. Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis
yang lebih baik;
3. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar;
4. Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui
internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga
dan kesehatan;
5. Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin,
bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis;
6. Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri
sendiri, orang lain dan lingkungan;
7. Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di
lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk
mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran,
terampil, serta memiliki sikap yang positif.
C. Ruang
Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Pendiidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan meliputi
aspek-aspek sebagai berikut.
1. Permainan dan olahraga meliputi: olahraga tradisional, permainan. eksplorasi gerak, keterampilan
lokomotor non-lokomotor,dan manipulatif, atletik, kasti, rounders, kippers,
sepak bola, bola basket, bola voli, tenis meja,
tenis lapangan, bulu tangkis, dan beladiri, serta aktivitas
lainnya;
2. Aktivitas pengembangan meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen
kebugaran jasmani, dan bentuk postur tubuh serta aktivitas lainnya;
3. Aktivitas senam meliputi: ketangkasan sederhana, ketangkasan
tanpa alat, ketangkasan dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya;
4. Aktivitas ritmik meliputi: gerak bebas, senam pagi, SKJ,
dan senam aerobic serta aktivitas lainnya;
5. Aktivitas air meliputi: permainan di air, keselamatan air, keterampilan bergerak
di air, dan renang serta aktivitas lainnya;
6. Pendidikan luar kelas, meliputi: piknik/karyawisata, pengenalan
lingkungan, berkemah, menjelajah, dan mendaki gunung;
7. Kesehatan,
meliputi penanaman budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari- hari, khususnya
yang terkait dengan perawatan tubuh agar tetap sehat, merawat lingkungan yang
sehat, memilih makanan dan minuman yang sehat, mencegah dan merawat cidera,
mengatur waktu istirahat yang tepat dan
berperan aktif dalam kegiatan P3K dan
UKS. Aspek kesehatan merupakan aspek tersendiri, dan secara implisit masuk ke
dalam semua aspek.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas I, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan
gerak dasar ke dalam permainan sederhana/ aktivitas jasmani dan nilai yang
terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan
lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama,
toleransi dan percaya diri
1.2 Mempraktikkan
gerak dasar memutar, mengayun ataupun menekuk dalam permainan sederhana, serta
nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
1.3 Mempraktikkan
gerak dasar lempar tangkap dan sejenisnya dalam permainan sederhana, serta nilai
sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri
|
2. Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam berbagai posisi
|
2.1 Mendemonstrasikan
sikap tubuh dalam posisi berdiri
2.2 Mendemonstrasikan
sikap tubuh dalam posisi berjalan
|
3. Mempraktikkan
senam lantai sederhana tanpa alat dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan
gerak keseimbangan statis tanpa alat, serta nilai percaya diri dan disiplin
3.2 Mempraktikkan
gerak keseimbangan dinamis tanpa alat, serta nilai percaya diri dan disiplin
|
4. Mengungkapkan
perasaan melalui gerak berirama dan
nilai yang terkandung di dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan
gerak bebas berirama tanpa menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama
4.2 Mempraktikkan gerak bebas berirama
menggunakan musik dan nilai disiplin dan kerjasama
|
5. Menerapkan
budaya hidup sehat
|
5.1
Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit
5.2
Mengenal pentingnya imunisasi
|
Kelas I, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam aktivitas
jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
6.1 Mempraktikkan
gerak dasar jalan, lari dan lompat ke berbagai arah dengan berbagai pola
dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, kejujuran, tanggung jawab dan
toleransi
6.2 Mempraktikkan
gerak dasar memutar, mengayun, menekuk dalam permainan sederhana, dan nilai
kerjasama, toleransi, kejujuran dan tanggung jawab
6.3 Mempraktikkan
gerak dasar menangkap obyek berbagai ukuran dalam permainan sederhana , dan kerjasama,
toleransi, kejujuran dan tanggung jawab
|
7. Membiasakan
penampilan sikap tubuh dalam berbagai posisi
|
7.1 Membiasakan
penampillan sikap tubuh dalam posisi diam
7.2 Membiasakan
penampilkan sikap tubuh dalam posisi bergerak
|
8. Mempraktikkan
gerakan senam lantai sederhana dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan gerakan senam lantai sederhana,
serta nilai percaya diri dan disiplin
8.2 Mempraktikkan gerak peregangan dan pelemasan
dalam kegiatan pemanasan sederhana dengan benar serta nilai disiplin
|
9. Menampilkan
perasaan melalui musik dan gerak berirama serta nilai yang terkandung di dalamnya
|
9.1 Menampilkan
gerak bebas berirama diorientasikan dengan arah mengikuti bunyi-bunyian
secara individu, serta nilai estetika
9.2 Menampilkan
gerak bebas berirama diorientasikan dengan arah menggunakan bunyi-bunyian secara
berpasangan/ kelompok kecil, serta nilai estetika
|
10. Mempraktikkan
dasar-dasar pengenalan air dan nilai yang terkandung di dalamnya*)
|
10.1 Mempraktikkan
aktivitas dasar di air
10.2 Mempraktikkan
berbagai permainan di air dangkal disertai
nilai percaya diri, kebersihan, dan disiplin
|
11. Mempraktikkan
pengenalan lingkungan sekolah melalui aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan
pengenalan lingkungan sekolah secara beregu, dan nilai disiplin, kerjasama,
dan kebersihan lingkungan
11.2 Mempraktikkan
berbagai aktivitas jasmani yang menyenangkan di lingkungan sekolah, dan nilai
disiplin, kerja sama dan pola hidup sehat
11.3 Mempraktikkan
pemanfaatan makanan dan minuman yang baik
|
12. Menerapkan
budaya hidup sehat
|
12.1 Menjaga
kebersihan gigi dan mulut
12.2 Mengenal
makanan sehat
|
Kelas II, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan
variasi gerak dasar melalui permainan
dan aktivitas jasmani, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
Mempraktikkan
gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang
menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab,
menghargai lawan dan menghargai diri sendiri
Mempraktikkan
gerak dasar memutar, mengayun, menekuk lutut dalam berbagai variasi permainan
sederhana serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab,
menghargai lawan dan memahami diri sendiri
1.3 Mempraktikkan gerak dasar melempar, menangkap, menendang dan
menggiring bola ke berbagai arah dalam permainan sederhana serta nilai
kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan memahami
diri sendiri
|
2. Mempraktikkan
latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
2.1 Mempraktikkan satu jenis bentuk latihan
untuk meningkatkan kekuatan otot lengan dan tungkai dengan mengikuti aturan
2.2 Mempraktikkan berbagai aktivitas untuk
melatih keseimbangan statis dan dinamis, serta nilai disiplin dan estetika
2.3 Membiasakan bergerak dengan benar
|
3. Mempraktikkan senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
|
3.1
Mempraktikkan
senam ketangkasan sederhana tanpa
menggunakan alat: melompat dan meloncat dengan isyarat ke berbagai arah
3.2 Mempraktikkan senam ketang-kasan dengan
menggunakan alat sederhana dengan percaya diri
|
4. Mempraktikkan
keterampilan dasar ritmik diorientasikan dengan arah dan
ruang dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan gerak ritmik ke depan,
belakang ataupun samping secara berpasangan dengan diiringi musik , dan nilai
kerja sama
4.2 Mempraktikkan gerak ritmik diorientasikan
dengan ruang secara beregu tanpa menggunakan musik, serta
nilai disiplin dan kerja sama
|
5. Menerapkan
budaya hidup sehat
|
5.1 Menjaga kebersihan rambut, hidung, dan
telinga
5.2
Memilih makanan bergizi
|
Kelas II , Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Mempraktikkan
gerak dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
6.1 Mempraktikkan
latihan dasar untuk meningkatkan
kekuatan otot dada, otot punggung, dengan mengikuti aturan
6.2 Mempraktikkan latihan dasar untuk melatih
kelentukan persendian anggota badan bagian atas dengan mengikuti aturan
|
7. Mempraktikkan
senam ketangkasan sederhana dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan
dua bentuk senam ketangkasan: melompat dan berputar 90 derajat saat di udara,
melompati benda sesuai dengan kemampuan serta memperhatikan faktor
keselamatan
7.2 Mempraktikkan rangkaian gerak senam
ketangkasan sederhana: berjalan dan berguling ke depan, memindahkan berat
tubuh dari satu titik ke titik yang lain dengan kontrol yang baik
|
8. Mempraktikkan keterampilan dasar ritmik
diorientasikan dengan arah dan ruang dengan menggunakan atau tanpa musik,
memiliki pengetahuan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan keterampilan dasar gerak ritmik yang
berorientasi pada arah dan ruang secara berpasangan, menggunakan atau tanpa
musik, serta nilai kerjasama, dan disiplin
8.2 Mempraktikkan keterampilan dasar gerak ritmik yang
berorientasi pada arah dan ruang secara beregu menggunakan atau tanpa musik
serta nilai kerjasama, dan disiplin
|
9. Mempraktikkan gerak dasar renang, dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya*)
|
9.1 Mempraktikkan gerak lengan dan tungkai
untuk mengangkat tubuh di dalam air
9.2 Mempraktikkan keseimbangan tubuh dan
penyelamatan diri di air serta memperhatikan faktor keselamatan diri dan
orang lain, serta nilai kebersihan
9.3
Mempraktikkan gerak dasar renang:
mengapung, menenggelamkan diri di dalam air, dan bernapas, serta nilai
disiplin
|
10. Mempraktikkan kegiatan jasmani di lingkungan
di sekitar sekolah, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)
|
10.1 Mempraktikkan
berbagai aktivitas fisik di lingkungan sekolah dan nilai kebersihan, kesehatan
dan keselamatan
10.2 Mengikuti
rambu-rambu perjalanan di lingkungan sekolah secara beregu dan memperhatikan
faktor keselamatan, kerjasama dan disiplin
10.3 Membiasakan menggunakan pakaian dan sepatu
yang sesuai
|
11. Menerapkan budaya hidup sehat
|
11.1 Menjaga
kebersihan tangan dan kaki
11.2 Mengenal
cara makan sehat
|
Kelas III,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan
berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan
kombinasi berbagai pola gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta
aturan dan kerja sama
1.2 Mempraktikkan
kombinasi berbagai gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dalam permainan
sederhana, serta aturan, dan kerja sama
1.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar melempar,
menangkap dan menendang dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana,serta aturan, dan kerja
sama
|
2. Mempraktikkan aktivitas kebugaran jasmani
secara sederhana dan nilai nilai yang terkandung didalamnya
|
2.1 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan
kekuatan otot-otot bahu dan dada secara sederhana serta nilai disiplin
2.2 Mempraktikkan
berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta
nilai disiplin
|
3. Mempraktikkan gerak senam lantai, senam
ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan
keseimbangan dalam bentuk senam lantai dasar, serta nilai keselamatan, disiplin
dan keberanian
3.2 Mempraktikkan gerak kombinasi senam ketangkasan
dasar, serta nilai keselamatan, disiplin dan keberanian
|
4. Mempraktikkan gerak dasar melaului
aktivitas ritmik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
4.1 Mempraktikkan
gerak dasar mengayun dan menekuk lutut dalam aktivitas ritmik sederhana tanpa
musik, serta nilai percaya diri dan disiplin
4.2 Mempraktikkan
gerak dasar mengayun dan menekuk lutut dalam aktivitas ritmik sederhana
beregu tanpa atau dengan iringan musik, serta nilai percaya diri, disiplin
dan kerja sama
|
5. Menerapkan budaya hidup
sehat
|
5.1 Menjaga
kebersihan pakaian
5.2 Mengenal
kebutuhan tidur dan istirahat
|
Kelas III, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Mempraktikkan berbagai gerak dasar dalam
permainan sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
6.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar jalan,
lari dan lompat dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai
kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab dan menghargai lawan atau
diri sendiri
6.2 Mempraktikkan kombinasi gerak memutar,
menekuk lutut, mengayun lengan dan meliukkan badan dengan koordinasi gerak
yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama dan menghargai
lawan atau diri sendiri
6.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar memvoli,
memantulkan, menendang, dan mengontrol bola dengan koordinasi yang baik dalam
permainan sederhana, serta nilai kerjasama, toleransi, tanggung jawab,
menghargai lawan atau diri sendiri, dan bersedia berbagi tempat dan peralatan dalam
bermain
|
7. Mempraktikkan latihan dasar kebugaran
jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan
berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan kelentukan dan kelenturan, serta nilai
disiplin, dan keselamatan
7.2 Mempraktikkan
berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan koordinasi gerak, dan nilai
disiplin
|
8. Mempraktikkan
senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan
senam ketangkasan sederhana tanpa alat,
dan nilai disiplin
8.2 Mempraktikkan
senam ketangkasan yang agak kompleks menggunakan alat, dan nilai disiplin,
|
9. Mempraktikkan gerak ritmik
dasar yang berorientasi dengan arah, ruang, dan waktu dengan atau tanpa
musik, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
9.1 Mempraktikkan gerak lokomotor dalam gerak
ritmik diorientasikan pada arah, ruang, dan waktu secara individual dengan
atau tanpa menggunakan musik, serta nilai percaya diri dan disiplin
9.2 Mempraktikkan gerak lokomotor dalam aktivitas
ritmik yang berorientasi pada arah, ruang dan waktu secara beregu dengan atau
tanpa menggunakan musik, serta nilai percaya diri, disiplin dan kerjasama
|
10. Mempraktikkan gerak dasar renang gaya dada,
dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya*)
|
10.1 Mempraktikkan
gerak dasar meluncur, menggerakkan tungkai, menggerakkan lengan dan nilai
kebersihan
10.2 Mempraktikkan
cara bernapas renang gaya dada dan nilai kebersihan
10.3 Mengkombinasikan
gerakan lengan dan tungkai renang gaya dada dan nilai kebersihan
|
11. Mempraktikkan
pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah untuk aktivitas jasmani dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan gerak lokomotor dalam
mengikuti jejak dan nilai disiplin, kerjasama, memperhatikan faktor
keselamatan
11.2 Mempraktikkan pemilihan tempat yang aman untuk bermain di lingkungan
sekolah
11.3
Mempraktikkan penjagaan keselamatan diri dan orang lain selama melakukan
aktivitas di lingkungan sekitar sekolah, dan nilai kebersihan
|
12. Menerapkan
budaya hidup sehat
|
12.1 Mengenal bahaya penyakit diare, demam
berdarah dan influenza
12.2 Mengenal
cara menggunakan peturasan
|
Kelas IV, Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan
gerak dasar ke dalam permainan sederhana dan olahraga serta nilai-nilai yang
terkandung didalamnya
|
1.1 Mempraktikkan
gerak dasar dalam permainan bola kecil sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi,
serta nilai kerjasama tim, sportivitas, dan kejujuran**)
1.2 Mempraktikkan
gerak dasar atletik sederhana, serta nilai
semangat, percaya diri dan disiplin**)
1.3. Mempraktikkan gerak dasar permainan bola besar
sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama, sportivitas, dan kejujuran**)
|
2. Mempraktikkan latihan
untuk meningkatkan kebugaran dan
nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
|
2.1 Mempraktikkan
aktivitas permainan sederhana untuk melatih daya
tahan dan kekuatan otot, serta nilai kerja
keras, dan disiplin
2.2 Mempraktikkan
aktivitas permainan untuk melatih kelenturan dan koordinasi, serta nilai
kerja keras, dan disiplin
|
3. Mempraktikkan berbagai bentuk latihan senam
lantai yang lebih kompleks dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan
kombinasi gerak senam lantai tanpa alat dengan memperhatikan faktor keselamatan, dan nilai disiplin serta
keberanian
3.2 Mempraktikkan
kombinasi gerak senam lantai dengan alat dengan memperhatikan faktor keselamatan, dan nilai disiplin
serta keberanian
|
4. Mempraktikkan
keterampilan gerak ritmik terstruktur secara beregu tanpa dan dengan
menggunakan musik dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan
gerak ritmik diorientasikan pada arah,
ruang dan waktu secara beregu menggunakan musik,serta nilai estetika
4.2
Mempraktikkan keterampilan gerak
ritmik terstruktur secara beregu tanpa menggunakan musik, serta nilai
estetika
|
5.
Menerapkan budaya hidup sehat
|
5.1 Menjaga
kebersihan lingkungan rumah dan sekolah
5.2 Membiasakan
membuang sampah pada tempatnya
|
Kelas IV, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan
dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
6.1 Mempraktikkan gerak
dasar berbagai gerakan yang bervariasi dalam
permainan bola kecil beregu dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama regu, sportivitas,
dan kejujuran**)
6.2 Mempraktikkan gerak
dasar berbagai gerakan yang bervariasi dalam
permainan bola besar beregu dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama regu, sportivitas,
dan kejujuran**)
6.3 Mempraktikkan gerak
dasar atletik yang dimodifikasi:
lompat, loncat dan lempar, dengan memperhatikan nilai-nilai pantang
menyerah, sportifitas, percaya diri, dan kejujuran**)
|
7. Mempraktikkan latihan kebugaran yang lebih
kompleks untuk meningkatkan keterampilan dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan aktivitas dan permainan
untuk melatih daya tahan dan kekuatan
dengan kecepatan dan kualitas gerak yang meningkat, serta nilai kerja keras,
disiplin, kerjasama, dan kejujuran
7.2 Mempraktikkan
aktivitas dan permainan untuk melatih kelentukan dan koordinasi dengan
kecepatan dan kualitas gerak yang
meningkat, serta nilai kerja keras, disiplin, kerja sama, dan kejujuran
|
8. Mempraktikkan senam lantai dengan
kompleksitas gerakan yang lebih tinggi, dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan senam lantai tanpa
menggunakan alat dengan koordinasi yang baik serta nilai kerja sama dan
estetika
8.2
Mempraktikkan senam ketang-kasan dengan menggunakan alat dengan
koordinasi yang baik serta nilai disiplin dan kerja sama.
|
9. Mempraktikkan keterampilan gerak ritmik
terstruktur secara beregu tanpa dan dengan menggunakan musik, serta
nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
9.1 Mempraktikkan
keterampilan gerak ritmik terstruktur (misal SKJ) secara beregu menggunakan
musik, serta nilai kerja sama, disiplin dan estetika.
9.2 Memperbaiki kesalahan gerak dalam gerak
ritmik terstruktur (misal SKJ) secara beregu menggunakan musik, serta nilai
kerja sama,disiplin dan estetika
|
10. Mempraktikkan gerak dasar renang gaya bebas
dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya *)
|
10.1 Mempraktikkan
gerak dasar; meluncur, menggerakkan tungkai, menggerakkan lengan serta nilai
kebersihan
10.2 Mempraktikkan
cara bernapas dalam renang gaya bebas
10.3 Mengkombinasikan gerakan lengan dan tungkai
renang gaya bebas
10.4 Mempraktikkan
dasar-dasar keselamatan di air
|
11.
Mempraktikkan kegiatan berkemah di lingkungan sekitar sekolah dan nilai-nilai
yang terkandung didalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan berbagai keterampilan yang
sesuai untuk kegiatan perkemahan,
serta nilai kerja sama, tanggungjawab, disiplin, dan mengikuti aturan
11.2 Mempraktikkan
aktivitas jasmani yang berisi tantangan dalam perkemahan
11.3
Mempraktikkan pola hidup sehat
|
12.
Menerapkan budaya hidup sehat
|
12.1 Mengenal berbagai upaya dalam menjaga
kebersihan lingkungan
12.2 Menjaga
kebersihan lingkungan terhadap sumber
penularan penyakit seperti nyamuk dan unggas
|
Kelas V, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan berbagai variasi gerak dasar
ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi serta
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan variasi gerak dasar ke dalam
modifikasi permainan bola kecil, serta nilai kerjasama, sportivitas, dan
kejujuran**)
1.2 Mempraktikkan variasi gerak dasar ke dalam
modifikasi permainan bola besar, serta nilai kerjasama, sportivitas, dan
kejujuran**)
1.3 Mempraktikkan variasi gerak dasar ke dalam
modifikasi atletik, serta nilai semangat, sportivitas, percaya diri dan
kejujuran**)
|
2. Mempraktikkan latihan dasar kebugaran
jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
2.1 Mempraktikkan aktivitas untuk kekuatan otot-otot
anggota badan bagian atas, serta nilai kerja keras, disiplin, kerjasama, dan
kejujuran
2.2 Mempraktikkan aktivitas untuk kecepatan dan
kualitas gerak yang meningkat, serta nilai
kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran
|
3. Mempraktikkan berbagai
bentuk senam ketangkasan dengan kontrol yang baik, dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan latihan pere-gangan dan
pelemasan yang benar sebelum memulai aktivitas senam,serta nilai percaya
diri, dan disiplin
3.2 Mempraktikkan bentuk-bentuk senam
ketangkasan dalam meningkatkan koordinasi dan nilai nilai percaya diri dan
disiplin
|
4. Mempraktikkan berbagai gerak dasar dalam
gerak ritmik, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan pola jalan, lari dan lompat
dalam gerak ritmik, serta nilai kerjasama, percaya diri, dan disiplin
4.2 Mempraktikkan kombinasi pola gerak jalan,
lari dan lompat dalam gerak ritmik, serta
nilai kerjasama, percaya diri, dan disiplin
|
5. Menerapkan budaya hidup sehat
|
5.1 Mengenal
cara menjaga kebersihan alat reproduksi
5.2 Mengenal berbagai bentuk pelecehan seksual
5.3 Mengenal cara menjaga diri dari pelecehan
seksual
|
Kelas
V, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Mempraktikkan berbagai
variasi gerak dasar ke dalam permainan dan olahraga dengan peraturan
yang dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
|
6.1 Mempraktikkan variasi teknik dasar salah
satu permainan dan olahraga bola besar, serta nilai kerja sama, sportivitas,
dan kejujuran**)
6.2 Mempraktikkan variasi teknik dasar ke dalam
modifikasi permainan bola kecil, serta
nilai kerja sama, sportivitas, dan kejujuran**)
6.3 Mempraktikkan variasi teknik dasar atletik
yang dimodifikasi, serta nilai semangat, sportivitas, kerjasama, percaya diri
dan kejujuran**)
|
7. Mempraktikkan latihan dasar kebugaran
jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan
aktivitas untuk kekuatan otot-otot anggota badan bagian bawah, serta nilai
kerja keras, disiplin, kerjasama, dan kejujuran
7.2 Mempraktikkan aktivitas untuk kelincahan
dengan kualitas gerak yang meningkat , serta nilai kerja keras, disiplin,
kerjasama, dan kejujuran
|
8. Mempraktikkan berbagai bentuk senam
ketangkasan dengan koordinasi yang baik, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan sebuah rangkaian gerak senam
ketangkasan dengan konsisten, tepat, dan koordinasil yang baik, serta nilai
keselamatan, disiplin, dan keberanian
8.2 Mempraktikkan bentuk-bentuk rangkaian gerak
senam ketangkasan dengan koordinasi dan kontrol yang baik, serta nilai
keselamatan, disiplin, dan keberanian
|
9. Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak dasar
dalam gerak berirama dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
|
9.1 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak mengayun, menarik, menekuk, meliuk, memutar dalam gerak
berirama , serta nilai kerja sama, percaya diri, dan disiplin
9.2 Mempraktikkan satu pola gerak berirama
terstruktur dengan konsisten dan lancar serta nilai kerjasama, percaya diri,
dan disiplin
|
10. Mempraktikkan gerak dasar renang gaya
punggung, dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya*)
|
10.1 Mempraktikkan
gerak dasar renang gaya punggung: meluncur, menggerakkan tungkai, menggerakkan
lengan, serta nilai kebersihan, keberanian dan percaya diri
10.2 Mempraktikkan
kombinasi gerakan lengan dan tungkai renang gaya punggung, serta nilai
keberanian dan percaya diri
|
11. Mempraktikkan penjelajahan di linkungan sekitar
sekolah, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan pembuatan rencana kegiatan penjelajahan
11.2 Mempraktikkan berbagai keterampilan gerak dalam
kegiatan penjelajahan di lingkungan sekolah yang sehat, serta nilai
kerjasama, disiplin, keselamatan, kebersihan, dan etika
|
12. Menerapkan budaya hidup sehat
|
12.1 Mengenal bahaya merokok bagi kesehatan
12.2 Mengenal bahaya miruman keras
|
Kelas VI, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Mempraktikkan
berbagai gerak dasar permainan dan olahraga dengan peraturan yang
dimodifikasi, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan gerak dasar salah satu permainan
bola kecil dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan peraturan yang
dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportivitas, dan kejujuran**)
1.2 Mempraktikkan gerak dasar salah satu
permaian bola besar dengan koordinasi dan kontrol yang baik dengan peraturan
yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportivitas, dan kejujuran**)
1.3 Mempraktikkan koordinasi gerak dasar dalam
teknik lari, lempar dan lompat dengan peraturan yangdimodifikasi, serta nilai
semangat, sportivitas, percaya diri dan kejujuran
|
2. Mempraktikkan latihan peningkatan kualitas jasmani (komponen
kebugaran jasmani), dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya |
2.1 Mengidentifikasi anggota tubuh yang perlu
dilatih untuk memperbaiki postur
2.2 Mempraktikkan berbagai latihan untuk
memperbaiki cacat jasmani bukan bawaan, serta nilai keselamatan, disiplin,
dan kerja keras
2.3 Mempraktikkan jenis latihan yang sesuai
untuk mempertahankan dan memperbaiki postur tubuh, serta nilai keselamatan,
disiplin, kerjakeras
|
3. Mempraktikkan
kombinasi senam lantai dan senam ketangkasan dalam bentuk sederhana, dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan pemanasan dan pendinginan
sebelum dan sesudah melaksanakan aktivitas senam
|
3.2 Mempraktikkan rangkaian senam lantai dan
senam ketangkasan dengan gerakan yang lebih halus, jelas dan lancar, serta
nilai percaya diri, disiplin dan estetika
|
|
4. Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik sederhana
berpasangan, dan beregu, serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
4.1 Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik
sederhana menggunakan gerak jalan dan
lompat secara berpasangan, serta nilai kerja sama, disiplin dan estetika
4.2 Mempraktikkan
rangkaian gerak ritmik sederhana beregu dengan kompak, serta nilai kerjasama,
disiplin dan estetika
|
5. Menerapkan budaya hidup
sehat
|
5.1 Mengenal bahaya narkoba
5.2 Mengenal cara menghindari bahaya narkoba
|
Kelas VI, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
6. Mempraktikkan berbagai gerak dasar ke dalam
permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi, dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya
|
6.1 Mempraktikkan
penerapan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar dengan peraturan
yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama, sportivitas dan kejujuran**)
6.2 Mempraktikkan
penerapan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola kecil dengan
peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama, sportivitas dan
kejujuran**)
6.3 Mempraktikkan
pengembangan koordinasi beberapa nomor teknik dasar atletik dengan peraturan
yang dimodifikasi, serta nilai sportivitas, percaya diri dan kejujuran**)
|
7. Mempraktikkan
latihan peningkatan kualitas kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
7.1 Mempraktikkan
sikap hidup sehat untuk memelihara kondisi kesehatan
7.2 Mempraktikkan peregangan otot dan pelemasan
persendian dengan baik sebelum latihan, serta nilai disiplin.
7.3 Mempraktikkan aktivitas kondisi fisik secara
terencana dan sungguh sungguh
7.4 Mempraktikkan aktivitas secara
berkelanjuatan dalam rangka meningkatkan kebugaran , serta nilai keselamatan,
disiplin dan kerja keras
|
8. Mempraktikkan kombinasi senam lantai dan
senam ketangkasan dalam bentuk sederhana, dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
|
8.1 Mempraktikkan
kombinasi gerak senam lantai dan senam ketangkasan dengan konsisten, dan
kontrol yang baik, serta nilai keselamatan,disiplin, dan kerjasama
8.2 Mempraktikkan
kombinasi bentuk-bentuk senam lantai dan senam ketangkasan dengan koordinasi,
dan kontrol yang baik, serta nilai keselamatan, disiplin, dan kerjasama
|
9. Mempraktikkan rangkaian gerak ritmik
sederhana secara berpasangan maupun beregu, dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
|
9.1 Mempraktikkan gerak ritmik sederhana di tempat dengan gerakan
membungkuk, menekuk maupun meliuk secara berpasangan dan beregu, serta nilai
kerja sama, disiplin, dan estetika
9.2 Mempraktikkan kombinasi gerak ritmik
sederhana dengan jalan dan lompat secara berpasangan dan beregu, serta nilai kerja sama,
disiplin, dan estetika
|
10. Mempraktikkan gerak dasar salah satu gaya
renang dengan koordinasi gerak yang baik, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)
|
10.1 Mempraktikkan gerak dasar meluncur, menggerakkan
tungkai maupun lengan renang gaya dada
dengan koordinasi gerak yang lebih baik serta nilai keberanian, disiplin, dan
kebersihan
10.2 Mempraktikkan cara bernapas salah satu gaya
renang, serta nilai keberanian, disiplin, dan kebersihan
10.3 Mempraktikkan kombinasi gerakan lengan dan
tungkai dalam renang gaya dada, serta nilai keberanian dan disiplin
10.4 Mempraktikkan dasar-dasar keselamatan di
air
|
11. Mempraktikkan penjelajahan dan perkemahan
di alam bebas, serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya***)
|
11.1 Mempraktikkan aktivitas penjelajahan di alam bebas secara
sederhana, serta nilai kerja sama, tanggung jawab, disiplin, dan keselamatan
11.2 Mempraktikkan pemasangan kemah bersama,
serta nilai kerja sama, tanggung jawab, disiplin, dan keselamatan
|
12. Menerapkan
budaya hidup sehat
|
12.1 Mengenal
cara menolak ajakan menggunakan narkoba
12.2 Mengenal
cara menolak perlakuan pelecehan seksual
|
Keterangan:
1.
*) Diajarkan
sebagai kegiatan pilihan, disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah
**) Materi pilihan, disesuaikan dengan fasilitas
dan peralatan yang tersedia
***) Diajarkan sebagai kegiatan yang dapat
dilakukan dalam semester 1 dan atau semester 2
2. Untuk pembinaan peserta didik yang berminat terhadap
salah satu atau beberapa cabang tertentu dapat dilakukan melalui kegiatan
ekstra kurikuler
E. Arah
Pengembangan
Standar kompetensi
dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi
pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar